Monday, June 3, 2013

Around You (TEASER)

Latihan basket kali ini bener-bener nguras tenaga yang gue punya di sisa sore ini. Huh, sial! Beno gak maen-maen buat ngegenjot anak basket biar punya skill dan taktik yang bagus buat tim kami. Dia pelatih tergigih yang pernah gue kenal. Dan gue bangga.

Latihan berakhir sejak 2 menit yang lalu. Dan gue lagi nyoba buat ngatur nafas dan tenaga gue balik lagi ke raga gue dengan membungkuk dan meletakkan kedua tangan gue di masing-masing lutut kaki gue. Dari ujung rambut sampe ujung kaki semuanya basah kuyup sama keringet bercampur sebotol air mineral yang sengaja gue tumpahin ke tubuh gue sendiri.

Disaat gue lagi terengah-engah, dari lantai atas gue bisa denger kekehan nyaring dengan diikuti ejekan dan teriakan. Baru banget gue ngangkat kepala gue ke bangunan sekolah, tiba-tiba sebuah tas berwarna merah meluncur dan jatuh dengan mulusnya gak jauh dari tempat gue membungkuk.

Ngelirik ke lantai atas, gue mendengus. Untuk kesekian kalinya gue ngeliat cewek itu dibully abis-abisan sama sekumpulan cewek-cewek rese bin ngeselin di sekolah gue.
Mereka semua ketawa terbahak-bahak karna berhasil ngejailin tuh cewek dengan ngelempar tasnya dari lantai 3 ke tanah.

Satu dari cewek itu, yang gue yakin ketua gengnya, teriak ke arah gue. “Ren, tolong buang sampah itu ke tempat sampah, yaaa!!! Barang kayak gitu sih, gak layak ada di sekolah kita!” ujar Jessica—si ketua geng Beelzebub a.k.a Devil a.k.a Setan. Dan otomatis para dayang-dayang di belakangnya mengangguk setuju, mengiyakan apa kata tuh nenek lampir sambil nyemburin tawa mereka yang terdengar sangat menjengkelkan.

Tatapan gue pindah ke cewek polos yang lagi melongokkan kepalanya ke bawah—meratapi tas miliknya yang tergeletak mengenaskan di deket gue. Dia sama sekali gak ngeliat ke arah gue. Dasar cewek bego! Pasrah banget dikerjain kayak gitu sama geng setan.

Jessica teriak lagi ke gue, “Darren-ku yang ganteng...tunggu apa lagi? Cepet ambil tasnya trus buang deh ke tempat sam—ups! Kayaknya tempat sampah terlalu elite ya buat tasnya si cewek norak kita yang satu ini? Ah! Gimana kalo ke selokan ajaaa!!!”

Gue mendelik ke arah Jessica yang langsung melenggang pergi bersama keempat dayang-dayangnya sambil ketawa cekikikan. Dan gue beralih lagi buat ngelirik cewek yang udah dijailin Jessica.

Tuh cewek ngeliat ke arah gue—sambil menggelengkan kepalanya pelan dengan kedua alis yang membingkai di atas kacamatanya berkerut sedih dan pasrah. Meminta supaya gue gak buang atau ngelempar tasnya ke tempat sampah atau kemana pun, sesuai apa kata Jessica.

Saat gue gak ngasih respon apa-apa, tuh cewek buru-buru lari dari tempatnya melongo ke sepanjang lorong. Gue tebak, dia pasti mau ngambil tasnya.

Dan sebelum tuh cewek sampai ke lapangan, tas merahnya udah berada di tangan gue dan gue bawa ke suatu tempat. Ke mobil gue yang terparkir di ujung lapangan. Gue lempar tasnya ke kursi penumpang, dan gue dengan santai melenggang pergi ke kamar mandi buat ngeganti seragam basket gue dengan baju yang layak tanpa bau keringat.


***


“Darren!!!” suara teriakan lembut menggema di telinga gue. Dan gue membalikkan badan gue buat mastiin siapa yang mengintrupsi perjalanan gue ke tempat dimana mobil gue terparkir.

Alesha. Yep, cewek yang barusan manggil gue itu adalah Alesha. Yang dalam enam bulan terakhir ini menjadi temen sebangku gue yang paling polos dan mempunyai gaya yang—well, kata orang-orang—cupu abis gitu deh!

Gue menghela nafas pelan. Sebenernya Alesha itu gak cupu-cupu banget kok, kalo dia mau nunjukin sisi lain dari dirinya yang gue yakin cantik banget. Dia terkesan cupu Cuma karna dia pake kacamata bulet besar, rambut kuncir kuda, dan memakai rok panjang disaat cewek-cewek di sekolah ini sibuk mendekin rok mereka.

Alesha tiga ratus enam puluh derajat beda dari mereka. Dia lebih pendiem. Pintar. Gak banyak ngeluh. Dan yang paling gue suka dari dia adalah dua garis kecil yang tergores di bawah masing-masing mata berbingkainya—yang bisa kalian liat saat dia lagi senyum, tertawa, bicara, atau saat dia lagi mengembungkan pipi tembemnya.  Bener-bener hal yang jarang banget dia tunjukkin ke orang lain, selain ke gue.

Gue baru tau ternyata sejak dia jadi anak baru di sekolah gue, dia jadi target-paling-diminati para Bulliers. Well, seperti yang udah gue bilang tadi. Dia terlalu pendiem dan gak mau ngelawan siapapun yang udah ngebully dia.

Dua bulan pertama dia duduk di sebelah gue, gue pastiin dia juga mendapat pengalaman terbaik dibully sama gue. Hingga akhirnya dia terlalu gak perduli dan gak pusingin tindakan gue, gue malah jadi capek sendiri ngebully dia. Gak asik, gak ada respon.

Bukan berarti gue berhenti ngebully dia, orang lain ikut berhenti juga ngebully dia. Gak. Mereka dengan senang hati menggantikan posisi gue buat ngebully dia—well, sampe gue gak tega dan harus nyingkir dari kelas biar gak ngeliat lagi wajah tersiksanya karna dibully di setiap ada kesempatan.

Gue gregetan! Dia udah pernah gue kasih tau buat ngelawan ataupun ngebales orang-orang yang udah ngebully dia. Tapi gue malah mendapat jawaban apa dari dia? Sial! Dia cuman tersenyum—yang memperlihatkan goresan samar di bawah matanya—dan mengangkat bahu dan bilang “Biarin aja, Darren.” What-the-hell-f*ck-out?

Oke, terserah tuh cewek mau kayak gimana nanggepin perlakuan orang lain ke dirinya sendiri. Biarin, itu terserah dia, Ren!

Gak lama, Alesha nyampe ke depan gue dengan nafas sedikit terengah-engah. Kacamata bulet besarnya sedikit beruap dan dia gak peduliin itu karna dia lebih milih nanya sesuatu ke gue.

“Darren, kamu liat tas aku, gak?”

Gue menaikkan alis gue. Terkejut sama pertanyaannya. “Tas yang tadi dilempar sama Jessica di depan kamu itu loh, Ren? Kamu gak...ngebuangnya, kan?” katanya pelan dan ragu saat dia menyelesaikan pertanyaannya.

Dari balik bingkai kacamatanya, mata cokelat bening itu bersinar penuh kekhawatiran.

Apa? Dia ngira gue ngebuang tasnya dia? Yang bener aja!

Gue mengedikkan dagu gue ke arah dimana mobil gue terparkir. Gue ngelirik sebentar buat mastiin kalo dia nangkep arah mana yang gue tuju. Dan... sambil melenggang santai, gue bergumam, “Ada di dalem mobil gue.”

Gak perlu natap wajahnya, gue tau kalo dia sedikit terkejut dan melongo saat gue kasih tau dimana tasnya berada. Well, gue tegaskan, gue—untuk saat ini—gak pernah ada maksud buat ngerjain dia lagi. Gue ngelakuin ini semata-mata karena.....entahlah, gue ngerasa ini bener aja.


0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates